Goals Puasa Ramadhan Kamu Apa Sih?

Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan mulia karena di dalamnya terdapat peristiwa luar biasa yaitu turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman dan petunjuk bagi manusia. Selain itu, perintah untuk berpuasa dan terdapat satu malam yang amat sangat mulia yang dinamakan malam Lailatul Qadar, yaitu malam yang nilainya sama dengan 1000 bulan.

Puasa Ramadhan merupakan rukun Islam ketiga, yang artinya hukumnya mengikat kepada seluruh orang Islam yang sudah baligh. Puasa bukan hanya tentang menahan diri dari haus dan lapar sejak imsak sampai terbenamnya matahari, lebih dari itu puasa adalah menahan diri dari segala kecondongan untuk berbuat tidak baik atau bermaksiat. Lebih jauh lagi, puasa adalah menahan diri dari menyakiti orang lain.

Di dalam Islam kita diajarkan bahwa segala sesuatu harus diawali dengan niat, tentunya dengan niat yang baik. Selain itu, Islam juga mengajarkan kita untuk punya tujuan dalam melakukan sesuatu tentu dengan basis niat yang jelas. Dalam hal ini adalah puasa, karena itu pertanyaannya adalah tujuan/goals dari kita berpuasa itu untuk apa?

Ada dua ayat di dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang tujuan dari puasa Ramadhan, yaitu Al-Baqarah ayat 183 dan 185. Selain itu ada beberapa hadits yang menyebutkan tentang tujuan lain dari melaksanakan puasa di bulan Ramadhan.

Berikut ini adalah tujuan puasa Ramadhan:

  1. Bertaqwa kepada Allah SWT

Di dalam Al-Qur’an dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 183 bahwa tujuan puasa ramadhan adalah agar kita bertaqwa لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُوۡنَ)). Taqwa sendiri memiliki arti takut kepad Allah, Prof. Dr. KH. Quraish Shihab menuturkan bahwa taqwa adalah terlindung dari perbuatan dosa. Dari situ dapat disimpulkan bahwa buah dari sifat taqwa adalah terlindungi dari perbuatan dosa dan tercela.

Sederhananya saat orang berpuasa ia cenderung takut untuk berbuat dosa, alasan awalnya mungkin karena bulan Ramadhan tapi di kemudian hari diharapkan rasa takut itu adalah rasa takut kepada Allah atau Taqwa.

  • Menjadi orang yang bersyukur

Di luar sana masih banyak saudara-saudara kita yang hanya makan satu kali dalam satu minggu, bahkan ada yang lebih parah dari itu. Oleh karena itu, dengan berpuasa kita diajarkan untuk merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain sehingga kita dapat mensyukuri apa yang telah kita miliki sampai saat ini. Selain itu, poin lainnya adalah agar kita memiliki rasa empati dan simpati terhadap sesama, agar kita juga terhindar dari sifat sombong.

Hal itu selaras dengan firman Allah SWT di dalam Al-Baqarah ayat 185 bahwa tujuan dari puasa Ramadhan adalah agar kita bersyukur وَلَعَلَّکُمۡ تَشۡكُرُوۡنَ‏))

  • Dibukakan Pintu Surga

Pada saat bulan Ramadhan banyak orang berlomba-lomba dalam kebaikan, misalnya memperbanyak tadarus Al-Qur’an, bersedekah, beri’tikaf, dan lainnya. Hak tersebut dilakukan salah satunya adalah agar dapat masuk ke dalam surgaNya Allah SWT.

Dalam sebuah hadits diceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya “Ketika Ramadan tiba, dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka dan setan pun dibelenggu.” (HR Imam Muslim).

  • Menggugurkan dosa-dosa

Orang yang berpuasa seperti sedang melucuti dosa dari dirinya, karena pada saat Ramadhan seseorang tidak hanya berpuasa tapi juga banyak melakukan ibadah dengan tujuan memohon ampun atas segala dosa-dosanya. Karena sebagian orang meyakini bahwa momentum Ramadhan adalah momen di mana seseorang seolah-olah terlahir kembali.

Dalam hal ini Nabi Muhammad SAW pun bersama “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  • Sarana Introspeksi diri

Habib Husein Ja’far Al-Hadar pernah menyampaikan bahwa bulan Ramadhan (puasa) menjadi madrasah atau tempat belajar bagi setiap orang untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas diri setelah Ramadhan ini berakhir.

Seseorang yang baik di bulan Ramadhan, yang rajin di bulan Ramadhan bukanlah hal yang aneh. Karena di bulan Ramadhan semua orang berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan.

Itulah beberapa tujuan dari melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, meski sejatinya tujuannya adalah mendapatkan ridho dari Allah SWT. Tapi semoga dengan mencapai salah satu tujuan di atas, akan menjadi washilah Allah SWT ridho kepada kita.

Jadi apa nih goals kamu saat puasa Ramadhan?

Jangan-jangan gak tau…

Rugi dong!!

-Wa Allahu A’lam-

{{ reviewsTotal }} Review
{{ reviewsTotal }} Reviews
{{ options.labels.newReviewButton }}
{{ userData.canReview.message }}

Bagikan :

Artikel Lainnya

Pentingnya Menjaga Kesehatan Men...
Dinamika pendidikan  santri dalam pesantren tidak hanya b...
Saya Sudah Banyak Tirakat Tapi K...
Ada saja santri yang ketika diberikan ijazah tirakat oleh guru...
Keutamaan dan Peristiwa di Hari ...
Bulan Muharam merupakan salah satu bulan yang dimuliakan dalam...
Kekuatan Berdoa di Jalur Langit ...
Bagi mereka yang meyakini dahsyatnya kekuatan jalur langit yak...
Aktualisasi Makna Keluarga Sakin...
Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa tanggal 29 Juni yang jatu...
Menjadi Ayah yang Open Minded Se...
Saat kau melihat adikmu menangis, sebagai kakak terkadang kau ...

Hubungi kami di : +62851-5934-8922

Kirim email ke kamikebonjambu34@gmail.com

Download APP Kebon Jambu Coming Soon