Semangat Menjaga Kebersihan Lingkungan dalam Musabaqoh Jambu EMAS 31

Pekan Musabaqoh Pondok Kebon Jambu Al-Islamy tahun ini resmi dibuka kemarin malam, Jum’at 9 Februari 2024. Meski sempat tertunda beberapa saat karena hujan, namun acara pembukaan Musabaqoh tetap berjalan dengan lancar dan meriah.

Pekan Musabaqoh merupakan event perlombaan antar komplek yang diadakan oleh Pondok Kebon Jambu setiap menjelang perayaan akhir tahun dan hari lahir Pondok Kebon Jambu. Pekan Musabaqoh ini diikuti oleh 5 kontingen yakni Komplek Arofah Al-Musyarrofah, Komplek Makkah Al-Mukarromah, Komplek Ji’ronah Al-Mubarrokah, Pondok Kebon Jambu Putri, dan Pondok Melati Al-Jadid. Terdapat 29 cabang perlombaan dalam musabaqoh tahun ini yang terdiri cabang musabaqoh ilmiah seperti qoraatul kitab, muhafadzoh, dan CCQ, cabang musabaqoh kesenian seperti kaligrafi, tilawah Al-Qur’an, hadroh, dan cabang musabaqoh umum seperti pidato, MC, dan stand up comedy.

Setiap tahunnya, Musabaqoh Pondok Kebon Jambu mengusung tema yang berbeda, begitu juga tahun ini. Namun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, terdapat pesan khusus yang disampaikan dalam Musabaqoh tahun ini dengan mengusung tema Jambu EMAS 31; Semangat, Bersih, Tuntas.

Dalam sambutannya, Ustadz Al Imron selaku ketua pelaksana musabaqoh mengatakan bahwa tema ini terinspirasi dari program Pesantren EMAS (Ekosistem Madani Atasi Sampah) yang diikuti oleh Pondok Kebon Jambu sejak tahun 2023 lalu. Pesantren EMAS merupakan program pengelolaan sampah berbasis pesantren. Beberapa waktu lalu Pondok Kebon Jambu juga mengadakan pelatihan pengelolaan sampah yang diikuti oleh beberapa pondok pesantren sekitar. Dengan mengusung tema ini, Ustadz Al Imron berharap musabaqoh bukan hanya menjadi ajang adu kemampuan antar komplek, namun juga adu kepedulian terhadap lingkungan.

Harapan senada juga disampaikan oleh Ustadz M. Ridwan, ketua umum pelaksana Haflah Akhirussanah dan Harlah ke-31 Pondok Kebon Jambu. Dalam sambutannya beliau menuturkan bahwa musabaqoh tahun ini dalam rangka mencari ekosistem kontingen yang pantas menjadi ikon dari Musabaqoh EMAS, yakni kontingen yang bukan hanya menjuarai perlombaan, namun juga yang paling peduli terhadap kebersihan lingkungannya.

Keberanian panitia mengangkat tema pengelolaan sampah dalam musabaqoh tahun ini diapresiasi langsung oleh dewan pengasuh Pondok Kebon Jambu, Yayunda Nyai Hj. Awanillah Amva. Dalam sambutannya, beliau menuturkan bahwa masih sedikit sekali pesantren yang sadar akan pentingnya isu sampah sehingga sering kali luput dari agenda-agenda besar pesantren yang setiap tahunnya pasti ada.

Simbolis pembukaan musabaqoh kali ini pun terbilang unik. Pekan musabaqoh secara simbolis dibuka oleh Yayu Awa dengan memasukkan tiga jenis sampah ke dalam tiga tempat sampah yang berbeda. Ketiga tempat sampah itu turut diletakkan di atas penggung sehingga para santri dapat menyaksikan langsung saat Yayu Awa memasukkan jenis sampah organik, anorganik, dan residu ke dalam tempat sampahnya masing-masing.

Pekan musabaqoh ini menjadi salah satu rangkaian acara menuju Haflah Akhirussanah dan Harlah Pondok Kebon Jambu yang ke-31 di mana acara puncaknya akan digelar pada tanggal 24 – 26 Februari mendatang. Isu pelestarian lingkungan juga diangkat dalam Akhirrussanah tahun ini. Dengan mengangkat tema Lesatari Bumi Pertiwi, Pondok Kebon Jambu mengajak seluruh wali santri, alumni, dan tamu undangan yang akan hadir pada puncak acara Haflah Akhirussanah untuk mengurangi sampah plastik. Pada hari-H nanti, panitia tidak menyediakan air minum dalam kemasan dan menggantinya dengan air galon isi ulang, sehingga para hadirin harus membawa botol minum sendiri. Dengan adanya kebijakan ini, Pondok Kebon Jambu berharap masyarakat akan turut teredukasi dan sadar akan pentingnya melindungi lingkungan sekitar dari sampah dimulai dengan mengulangi sampah plastik.

{{ reviewsTotal }} Review
{{ reviewsTotal }} Reviews
{{ options.labels.newReviewButton }}
{{ userData.canReview.message }}

Bagikan :

Artikel Lainnya

Pentingnya Menjaga Kesehatan Men...
Dinamika pendidikan  santri dalam pesantren tidak hanya b...
Saya Sudah Banyak Tirakat Tapi K...
Ada saja santri yang ketika diberikan ijazah tirakat oleh guru...
Keutamaan dan Peristiwa di Hari ...
Bulan Muharam merupakan salah satu bulan yang dimuliakan dalam...
Kekuatan Berdoa di Jalur Langit ...
Bagi mereka yang meyakini dahsyatnya kekuatan jalur langit yak...
Aktualisasi Makna Keluarga Sakin...
Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa tanggal 29 Juni yang jatu...
Menjadi Ayah yang Open Minded Se...
Saat kau melihat adikmu menangis, sebagai kakak terkadang kau ...

Hubungi kami di : +62851-5934-8922

Kirim email ke kamikebonjambu34@gmail.com

Download APP Kebon Jambu Coming Soon